Jumat, 08 April 2011

Tahukan Anda apa perbedaan NGUTANG dan NABUNG ?

Menabung berarti bersusah-susah dulu, bersantai-santai kemudian. Artinya, Anda bekerja keras di depan, setelah itu merasakan nikmatnya di belakang. Kalau ngutang, berarti Anda bersantai-santai dulu, baru merasakan susahnya di belakang. Sekali lagi, nabung berarti Anda bekerja keras dulu, baru mendapatkan nikmatnya di belakang, sedangkan ngutang berarti Anda menikmati nikmatnya di depan, setelah itu melakukan kerja keras.
Kebanyakan orang Indonesia lebih senang ngutang daripada nabung. Ada satu cerita menarik tentang “utang” ini.
Alkisah di negeri antah-berantah, diadakanlah sebuah kontes. Nama kontes itu Kontes Gajah Menangis. Ada seekor gajah yang seumur hidupnya tidak pernah menangis. Banyak orang disekitarnya berputus asa karena bingung melihat kenapa si gajah tidak pernah menangis. Oleh sang raja di negeri tersebut, akhirnya diadakanlah sebuah kontes yang memberikan tantangan bagaimana agar si gajah bisa menangis.
“Seorang ekonom asal Indonesia berhasil membuat seekor gajah menjadi menangis tersedu-sedu setelah sang ekonom menyebutkan besarnya utang Indonesia.”
Pukul 10 pagi, dimulailah kontes tersebut. Si gajah dengan badan besarnya duduk, dan mulailah para peserta satu per satu mengeluarkan keahliannya di depan si gajah, mencoba membuatnya menangis. Peserta pertama adalah peniup seruling dari India. Dengan serulingnya, ia mulai memainkan lagu sedih. Lagunya sangat mendayu-dayu dan menyayat hati. Selama setengah jam lagu itu dimainkan, eeeh … bukan nya menangis, si gajah malah ketiduran. Peniup seruling dari India itu pun mundur.
Peserta kedua, pendongeng anak-anak dari Swedia. Dengan bukunya, ia mulai menceritakan kisah sedih yang pernah ia buat dan ia terbitkan di seluruh dunia. Setengah jam berlalu, bukannya sedih dan menangis, si gajah malah melongo mendengarkan kisah-kisah si pendongeng.
Peserta ketiga, seorang ekonom dari Indonesia. Dengan santai, si ekonom datang ke arah si gajah yang sedang duduk, lalu mengarahkan mulutnya ke telinga si gajah dan membisikkan sesuatu. Hanya satu menit, si gajah langsung berteriak melengking dan menangis sejadi-jadinya.
Akhirnya, orang dari Indonesia itulah yang memenangkan kontes. Apa yang dibisikkan si ekonom Indonesia kepada si gajah?
“Utang Indonesia lebih dari Rp.3 triliun ….”

Tidak ada komentar: