Sabtu, 25 Juni 2011

TIPS MEMULAI USAHA

Pak, saya seorang karyawan dengan penghasilan yang pas-pasan untuk menghidupi keluarga. Saya berfikir untuk memiliki usaha sendiri biar ada tambahan penghasilan bagi keluarga. Tapi yah itu pak, saya selalu bingung mau usaha apa karena kalau lihat segala macam usaha kok udah ada yah. Oh iya, kemampuan yang saya miliki cuma di hal-hal yang berbau tekhnik saja kalau membetulkan motor atau mobil sih saya bisa. Yang ingin saya tanyakan, kira-kira tips apa yah yang bisa diberikan kepada saya yang ingin mendirikan usaha ini. Banyak terima kasih pak.
Cornelius - Surabaya

Jawaban:
Jujur ya mas, sebenarnya semua jenis usaha tuh jatuh-jatuhnya sama saja lho, yaitu bahwa apapun usaha itu, pasti punya peluang untuk berhasil dan terus berkembang. Jangan lupa bahwa apapun usahanya, faktor yang paling berperan penting di dalam setiap usaha adalah faktor manusia di dalamnya yang mengelola usaha tersebut. Percaya deh, kalau Anda sungguh-sungguh dalam mengelola usaha itu, wah mas.... nggak ada kata nggak mungkin kalau dari usaha itu nanti Anda bisa hidup makmur. Contohnya gampanglah mas. Lihat aja, sekarang kayaknya orang sudah jenuh untuk membuka usaha wartel atau bengkel motor karena sudah terlalu banyak. Tapi dengan kelihaian dalam memilih lokasi yang strategis dan juga kepandaian dalam mengelola, masih banyak juga tuh usaha wartel yang bisa bertahan dan malah semakin maju. Jadi, yakin deh bahwa usaha yang bakal Anda jalankan nanti pasti juga bisa maju seperti mereka-mereka yang sudah mulai duluan.
Nah, sekarang usaha apa ya yang kira-kira cocok dengan Anda? Hmm, ada beberapa saran dari saya buat Anda untuk menentukannya. Pertama, mulai deh dari yang Anda suka. Anda bisa mulai membuka usaha yang sesuai dengan kesukaan atau hobi Anda, karena kalau Anda sudah suka ? wah - Anda tentu nggak akan cepat bosan dan mudah menyerah dalam menjalankannya kan? Bahkan mungkin hambatan-hambatan yang akan muncul di awal usaha Anda berdiri bisa jadi satu tantangan sendiri. Ya nggak?
Kedua, usaha bisa dimulai dari sesuatu yang Anda kuasai. Membuka usaha dengan sesuatu yang Anda kuasai juga bisa dilakukan. Seperti, Anda menguasai tentang mesin motor atau mobil. Nah, jangan lupa bahwa dengan menguasai teknik sesuatu, maka Anda tinggal menambahkannya dengan teknik berwirausaha. Seperti Anda bisa cari tahu, bagaimana caranya agar uang bisa datang dari penguasaan teknik itu. Dengan keahlian Anda, Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual jasa montir.
Terakhir, usaha bisa dilakukan dengan menelusuri kemana saja selama ini uang Anda pergi. Contohnya, setiap pagi Anda membeli sarapan, lalu membeli kebutuhan rumah tangga dan pulang pergi Anda membayar uang untuk transport. Di sini, Anda bisa meneliti satu persatu bagaimana uang tersebut berputar, yaitu kepada tukang penjual makanan, pengusaha rumah tangga dan sopir angkot. Mungkin ada celah dimana Anda bisa mengambil keuntungan dari berputarnya uang tersebut, seperti menjual beras kepada penjual sarapan Anda, menjual jasa kepada toko kelontong Anda atau menjual handuk kepada supir angkot Anda.
Selamat berwirausaha.
Dikutip dari Sindo, 10 Februari 2008

Tidak ada komentar: